Kamis, 08 Januari 2009

JUNK FOOD PADA PERUSAHAAN FAST FOOD

Fastfood adalah jalan pintas. Hidangan yang biasanya berupa ayam goring, kentang goreng, burger, pasta, atau roti isi ini kerap kali menjadi penuntas lapar di tengah sibuknya mobilitas seseorang. Makanan yang juga disebut junkfood ini biasa menjadi pilihan bagi mereka yang sibuk. Ada kalanya juga santapan itu menjadi solusi untuk mengatasi anak kecil yang sulit makan. Fastfood memang sering dianggap sebagai ornamen kemajuan. Perkembangan industri ini pun sulit tertahankan. Dan manajemen PT Fastfood Indonesia, sepertinya paham benar tentang situasi ini. Maka dari itu pemegang merk Kentucky Fried Chicken (KFC) itu menyatakan akan menambah jumlah outletnya hingga 15-20 unit pada tahun 2009 mendatang.
Tak kurang dari Rp 30 miliar hingga Rp 50 miliar siap dikeluarkan PT Fastfood untuk penambahan outlet tersebut. Selama ini, perintis bisnis restoran ayam goreng ala Amerika itu berhasil menampilkan performa bagai ayam jago yang tak terkalahkan. KFC sendiri sudah memiliki 222 outlet yang tersebar dari Aceh hingga Papua.
Namun harapan perusahaan KFC belum tentu akan sukses, dikarenakan pesaing bisnis ini masih banyak. Pesaing utama KFC adalah McDonald. Sejak masuk ke Indonesia pada tahun 1991, McDonald terus berkembang. Kini outlet-outletnya sudah ada sekitar 116 diseluruh Indonesia. Penghasilan yang diadapat dari McDonald diperkirakan sudah melebihi Rp 1 triliun per tahun. Presasti ini diraih karena segemn dari McDonald sendiri adalah kalangan anak-anak, sudah banyak juga yang merayakan ulangtahunnya di McDonald. Restoran ini biasanya akan menawarkan makanan dan minuman dengan paket hadiah, seperti McKids atau McGame. Harga jual produk McDonald jauh lebih murah dibanding KFC.
Pesaing lain dari KFC adalah PT Texas Chicken Indonesia, yang masuk ke Indonesia pada tahun 1983. Dengan 66 outlet yang dimilikinya, Texas Fried Chicken tidak boleh dianggap remeh. Selain itu, ada pula restoran fastfood local , California Fried Chicken yang sudah memiliki 116 gerai di 18 kota besar di Indonesia. Di kota-kota besar di Pulau Jawa juga ada 23 outlet restaurant Wendy’s Fried Chicken, dan dalam waktu dekat ini Wendy’s akan menambah 42 oulet lagi. Wendy’s mempunyai keunggulan yang terletak pada induk perusahaan Wendy Citarasa, yakni PT Sierad Produce yang berbisnis paka ternak dan peternakan ayam. Jadi paling tidak, Wendy’s tidak akan pusing memikirkan pasokan bahan bakunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar